Beranda DAERAH Kab. Barru Ayo Magang Di Jepang, Pemkab Barru Segera Buka Seleksi Tahun ini

Ayo Magang Di Jepang, Pemkab Barru Segera Buka Seleksi Tahun ini

142
BERBAGI

 

SulSel Kabardaerah.com – Barru, – Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kab.Barru, melaksanakan Sosialisasi Program Pemagangan, bekerja sama dengan Kemnaker RI dan Intrnasional Manpower Development (IMM) Jepang diruang pola Colliq Pujie Kantor Bupati Barru, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Kamis (5/4).

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Bupati Barru, Ir H. Suardi Saleh M,Si dan General Menejer (GM) IMM, Masanobu Komia.

Peserta sosialisasi diikuti oleh Kepala Desa, Lurah, Camat dan sejumlah pegawai instansi di Lingkup Pemkab Barru.

Pembawa materi dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Subdit pengembangan pemagangan luar negeri.

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh MSi saat membuka acara mengatakan program pemagangan ke Jepang merupakan salah satu solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran. Dikatakannya program pemagangan ini bukan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia melainkan program pelatihan kerja. Diselenggarakan secara utuh dan terpadu dibawah bimbingan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman untuk meningkatkan keterampilan, menambah wawasan serta etos kerja.
Pemkab Barru sendiri kata Suardi Saleh menilai program tersebut begitu penting sehingga pemerintah Kabupaten akan mengoptimalkan program pemagangan melalui pendidikan dan pelatihan dan pemkab Barru siap untuk membantu mengurangi pembiayaan yang terkait dengan program pemagaman ini,

Kepada para camat, lurah dan kades, Bupati Barru berharap untuk membantu menyebarluaskan informasi tersebut sehingga masyarakat yang memiliki keinginan kuat dapat mengikuti program ini. Pungkasnya.

Ketua Pelaksana Sosialisasi, Syamsir mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada warga Barru yang bersyarat untuk mengikuti program magang ke Jepang,

“Jadi kegiatan ini adalah program Kemnaker RI dengan bekerja sama pihak Pemkab Barru, untuk mengurangi angka pengangguran dengan memberi kesempatan terhadap warga bersyarat di Barru ikut magang kerja ke Jepang,” kata Kepala Dinas PTSP Barru.

Syamsir juga menjelaskan bahwa terselanggaranya sosialisasi itu, juga atas kerja sama dengan Internasional Menpower Developmen (IMM) Jepang,”Untuk pelaksanaan program magang ke Jepang akan dimulai tahun ini. Kita berharap program ini bisa terlaksana dengan baik dan kesempatan seperti ini juga kita harapkan bisa dimanfaatkan oleh warga Barru,” tuturnya.

Kadis Perizinan Kabupaten Barru itu juga menambahkan bahwa, Program pemagaman ke Jepang  baru terbuka tahun ini setelah kurang lebih 10 tahun ditutup dan untuk provinsi Sulawesi Selatan lanjut Samsir, peluang ini  dimulai dengan meminta peserta dari Kabupaten Barru dan Makassar.

(KD/Lf)