Beranda DAERAH Kota Makassar Buka Diklat PKG dan PKB, Kakanwil Tegaskan ini

Buka Diklat PKG dan PKB, Kakanwil Tegaskan ini

43
BERBAGI

 

SulSel Kabardaerah.com – Makassar (Inmas Sulsel) Agenda Kakanwil Hari ini (Rabu, 21 Maret 2018) diawali dengan membuka dan membawakan materi pada kegiatanDiklat Tekhnis Substantif Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar.

Diklat teknis Substantif ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan para guru Madrasah dalqm konteks PKG-PKB Guru serta meningkatkan kualitas dan aikap mental guru untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai standar kompetensi Guru Profesional.

Diklat yang akan Berlangsung selama 7 hari (21 – 27 Maret 2018) ini diikuti oleh 30 orang peserta yakni Guru Madrasah yang berasal dari 4 Provinsi di Pulau Sulawesi yakni Sulsel, Sultra, Sulteng dan Sulbar. Dan mulai tahun ini ada BDK Makassar menerapkan beberapa kebijakan baru diantaranya, sertifikat Kelulusan akan diserahkan kepada peserta setelah Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) dilaksanakan oleh Peserta. Selain itu, Pembayaran Uang Harian dan Transport bagi Peserta sudah menggunakan transaksi non tunai.

Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar dalam Sambutannya bahwa Diklat kali ini merupakan Diklat Perdana yang dilaksanakan oleh BDK Makassar untuk tahun 2018. Program Kediklatan Tahun ini tetap melaksanakan proses kediklatan dengan 2 metode yakni Diklat Reguler di BDK Makassar serta Diklat di Wilayah Kerja (DWK), dan Pihak BDK Juga menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dan bersinergi dengan Kemenag Prov. Sulsel khususnya dalam hal peningkatan kapasitas dan profesionalitas aparatur kita di Kemenag.

Dalam Arahannya sebelum membuka secara resmi Kegiatan ini, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel Dr. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag. membeberkan bahwa Indonesia saat ini mengukuhkan dirinya sebagai Laboratoruim Kerukunan,
Laboratorium Pendidikan, dan
Laboratorium Haji. Dan ketiga keunggulan negara kita yang mendunia tersebut, Peran dan Fungsi Kemenag sangat Menentukan, salah satunya Guru Madrasah dan Guru PAI.

Kakanwil juga dalam materinya yang fokus pembahasannya pada Pembangunan Bidang Agama dan Pendidikan memaparkan bahwa salah satu Fokus program yang di direct oleh Menteri Agama tahun ini adalah Program di bidang pendidikan diantaranya ada yang dikerjasamakan dengan sejumlah kementerian diantaranya Kemendiknas yaitu Peningkatan dan Penjaminan Mutu Pendidikan melalui kegiatan Assesment Mutu Satuan Pendidikan, Peningkatan Kapasitas SDM Pendidikan serta Sekolah Berbudaya Mutu.

Sedangkan dengan Kemenristek Dikti, Kemenag RI membangun kerjasama dalam peningkatan Kualitas Pendidikan dan Karakter Pendidikan yang berbasis Attitude, atau Akhlakul Karimah.

Dan di intern Kemenag Sendiri ada Program NGOPI ; Ngobrol Pendidikan Islam, program ini diluncurkan untuk menjadi wadah bagi para tenaga pendidik dan stake holdernya dalam mencari dan menemukan solusi dan formulasi terbaik bagi dunia pendidikan yang salah satu outputnya adalah Kompetensi dan profesionalisme Guru, Papar Beliau.

Kakanwil juga menegaskan bahwa Sistem Penilaian Kinerja Guru adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya, melalui pengukuran penguasaan Kompetensinya dalam melaksanakan tugas dan proses belajar mengajar dan sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja.guru sebagai input dalam penyusunan peogram pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)

Selain Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Acara Pembukaan ini dihadiri juga oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar Ibu Hj. Juhrah, S. Sos, M.Ap, Para Kepala Seksi Makassar dan Widyaswara BDK Makassar. (Wrd/KD)

Dilaporkan oleh :
Mawardy Siradj

loading...