Beranda DAERAH Kota Parepare Dinas PKP Parepare Siapkan Layanan Call Centre untuk Peternak

Dinas PKP Parepare Siapkan Layanan Call Centre untuk Peternak

20
BERBAGI

 

Kabardaerah.com – PAREPARE — Cuaca yang tidak menentu atau peralihan musim, selain dapat mengancam kesehatan manusia, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan hewan.

Saat musim pancaroba, biasanya banyak virus yang menyerang hewan ternak dan unggas. Hal tersebut diungkapkan oleh Dokter Hewan, Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kota Parepare, drh Nurdin.

“Saat musim pancaroba seperti ini, banyak penyakit yang menyerang hewan. Misalnya pada sapi seperti Septicaemia Epzzotica (SE). Sapi yang terserang virus SE ini gejalanya ngorok,” ujar Nurdin yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan Dinas PKP Parepare.

Selain virus SE, hewan ternak juga bisa terserang Coccidiosis atau berak darah, Abortus, Infeksi Saluran Pencernaan, dan antrax.

“Ada beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan, misalnya antrax. Namun, alhamdulillah empat atau lima tahun terakhir ini tidak dijumpai di Parepare. Namun, walaupun begitu kami tetap melakukan pengawasan pada kesehatan hewan” ujar Nurdin.

Untuk mencegah penyakit tersebut, pihak Dinas PKP Parepare rutin turun ke peternak melakukan vaksin, vitamin, dan pemberian obat, kepada hewan ternak dan unggas.

“Kami memang ada agenda rutin untuk turun langsung mengecek kesehatan hewan dan memberikan obat” terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Peternakan Dinas PKP Parepare, Wildana mengimbau para peternak agar segera menghubungi Dinas PKP jika ada gejala aneh yang dilihat pada hewan ternaknya.

“Jika dirasa ada yang aneh dengan hewan ternak, peternak bisa hubungi call centre kami yaitu 082 187 688 123. Jika warga sudah melaporkan Insya Allah, pihak kami segera turun melakukan pemeriksaan,” tandasnya.

(Laporan: Andi Udin)