Beranda DAERAH Kab. Barru Gelar Simulasi, Polres Barru Siap Amankan Pilgub SulSel 2018

Gelar Simulasi, Polres Barru Siap Amankan Pilgub SulSel 2018

44
BERBAGI

 

SulSel Kabardaerah.com – Barru, – Menjelang Pemilukada Gubernur (Pilgub) Provinsi Sulawesi Selatan 2018, Kepolisian Resort (Polres) Barru menggelar giat Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkot), di Lapangan Sepakbola Sumpang Binangae Barru, Kabupaten Barru, Sulsel pada hari Rabu (28/3).

Meski potensi kerawanan menjelang pelaksanaan Pilgub Sulsel tidak terlalu besar, namun Polres Barru tetap bersiap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan menggelar simulasi.
Pada simulasi tersebut, seluruh unsur aparat keamanan ikut dilibatkan baik dari jajaran Kepolisian, TNI, Satpol PP, Linmas serta unsur keamanan lainnya.

Dalam simulasi itu, digambarkan adanya profokasi dari pihak-pihak yang ingin mengacaukan keamanan dan kelancaran peroses pelaksanaan pilgub sulsel 2018 di Kab.Barru.

Dari profokasi yang memjadi pememicu terjadinya aksi massa itu, terjadi di Tempat Pemilihan Suara (TPS) dari calon pemilih yang kehilangan hak pilihnya, sehingga massa melakukan protes.
Menanggapi aksi tersebut, aparat keamanan langsung bertindak dengan mengamankan Kantor Bupati Barru, Kantor DPRD, Kantor Panwas Kab Barru, Kantor KPU Barru, Pasar Mattiro Walie, SPBU Garessi, Namun tindakan ini menyebabkan aksi massa menjadi makin beringas.

Aksi saling dorong antara massa dengan aparat kepolisian tidak bisa dihindarkan, sehingga aparat melakukan berbagai upaya untuk meredam massa agar tidak makin beringas.
Dalam simulasi itu, juga dipertontonkan kebolehan petugas mengejar dan akhirnya membekuk terduga 2 orang provokator, yang ditemukan di depan kantor Bupati Barru.

Usai pelaksanaan simulasi tersebut, AKBP Dr.H Burhaman mengaku puas karena kegiatan simulasi bisa menyerupai situasi yang sebenarnya.

Kapolres Barru AKBP Dr. H.Burhaman SH.MH menyatakan bahwa, kegiatan simulasi ini melibatkan lebih dari 350 personel dari jajaran kepolisian, jajaran TNI, Satpol PP dan unsur lainnya,

” kami Polres Barru harus siap mengamankan Pilgub Provinsi Sulsel 2018 dari tahap persiapan, pemungutan dan penghitungan suara, sampai pada pelantikan calon terpilih,” jelas Kapolres.(KD/Lf/Td)

loading...