Beranda DAERAH Kota Parepare IPM Naik Angka Kemiskinan Di Parepare Turun, Prof. Siri Dangnga: Program Pemkot...

IPM Naik Angka Kemiskinan Di Parepare Turun, Prof. Siri Dangnga: Program Pemkot Yang Baik

19
BERBAGI

SulSel Kabardaerah.com – PAREPARE — Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Parepare mencapai 76,48 persen di tahun 2016. Nilai IPM ini merupakan peringkat kedua di Sulawesi Selatan dan melebihi nilai IPM Provinsi yang hanya mencapai 69,76 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Parepare, Guruh Wahyu.

Dia menjelaskan, nilai IPM Kota Parepare terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

“Pada Tahun 2013, IPM Kota Parepare mencapai 75,10 persen dan di tahun 2014 meningkat menjadi 75,66 persen dan di tahun 2015 kembali meningkat menjadi 76,31 persen,” jelas Guruh.

Sementara Pada tahun 2016, lanjut dia, meningkat menjadi 76,48 persen.

“Meningkatnya IPM ini sejalan dengan turunnya angka kemiskinan,” kata dia.

Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Parepare, Prof Dr HM Siri Dangnga berpendapat, penelitian tersebut cukup objektif.

Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare itu, mengungkapkan, program pemerintah kota Parepare selama ini cukup baik dari berbagai sektor.

“Secara umum program pemerintah selama ini kami nilai berdampak pada ekonomi masyarakat. Sektor pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan juga baik. Wajar jika terjadi peningkatan,” jelas Siri Dangga. usai dihubungi via selulernya, Selasa, 20 Maret 2018.

Siri Dangga mengungkapkan, pihaknya juga tengah melakukan penelitian terkait dengan IPM tersebut, termasuk hal menyangkut angka kemiskinan.

“Kami belum dapat memberikan data detail soal itu. Hanya saja kami juga mengacu pada data dari lembaga BPS. Akan tetapi secara umum memang ada penurunan angka kemiskinan di Parepare, ” ungkapnya.

Menurut dia, nilai IPM berkorelasi dengan angka kemiskinan.

Seperti yang diketahui, indeks pembangunan manusia memuat tiga dimensi penting dalam pembangunan yaitu terkait dengan aspek pemenuhan kebutuhan akan hidup.

Indeks Pembangunan manusia tersebut sangat berpengaruh terhadap kemiskinan. manusia di Indonesia adalah identik dengan pengurangan kemiskinan. Investasi di bidang pendidikan dan kesehatan akan lebih berarti bagi penduduk miskin dibandingkan penduduk tidak miskin.(KD/Ud)

loading...