Beranda DAERAH LKPB Sebagai Sumber Belajar Biologi

LKPB Sebagai Sumber Belajar Biologi

75
BERBAGI

MAKASSAR- Sul – Sel KD -Laboratorium Kebun Percobaan Biologi (LKPB) hadir untuk memenuhi minimnya pelayanan pembelajaran berbasis praktikum, baik untuk siswa, mahasiswa maupun untuk guru sendiri dalam meningkatkan keterampilan mengajar mereka. LKPB ini dibangun diatas lahan seluas ± 6796,49 m2 dan terdiri atas 5 gedung fungsional yaitu Rumah Kompos (9,57 x 8 m2) yang merupakan tempat untuk mengubah limbah-limbah pertanian menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai jual, seperti pembuatan pupuk kompos, pupuk organik cair, bokashi dan media tanam, Green house (8,47 x 20,17 m2) yang dipenuhi dengan tanaman hias dan tanaman budidaya seperti Lombok hias, Tomat hias, Aloevera, Anggrek, Sukulen, Kaktus, Sansievera. Tercatat ada lebih dari 1.689 spesies yang ada di LKPB ini, Aquakultur (5,51 x 12,55 m2) tempat untuk memelihara beberapa jenis hewan, Gedung utama (8,47 x 32 m2) dimanfaatkan untuk proses perkuliahan dan praktikum dan Rumah kebun percobaan (7,76 x 9,76 m2) sebagai tempat beristirahat bagi pengurus LKPB. Pengelolaan LKPB dikontrol langsung oleh Adnan selaku ketua dan dibantu oleh beberapa dosen dan mahasiswa yang bekerja secara sukarela.
LKPB ini sudah banyak dikunjungi oleh berbagai sekolah baik dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.
“Kami telah di kunjungi oleh banyak sekolah bukan hanya dari makassar namun dari luar daerah makassar pun banyak seperti sekolah-sekolah dari Bone, Pare-pare, Enrekang, Maros, Soppeng, Masamba, bahkan kami juga mendapatkan kunjungan dari Malaysia. Disini kami memiliki kegiatan Eduekowisata, disamping itu kami juga memberikan pelayanan pembuatan instalasi hidroponik, hortikultura, akuakultur, pengolahan limbah organik seperti POC (Pupuk Organik Cair), Bokashi, dan masih banyak lagi” Ungkap Adnan
Sering kali LKPB menghadiri pameran pendidikan dengan menampilkan produk-produk yang diolah dari limbah pertanian seperti POC, Pupuk Kompos, Bokashi, Tanaman Hias dan instalasi hidroponik untuk mengedukasi masyarakat agar tertarik melakukan aksi Go Green to Be Health di lingkungannya masing-masing. Dalam setiap pameran yang diikutinya, LKPB selalu memperoleh hasil yang memuaskan dan menambah eksistensinya.( peliput udi/ Editor Tb )

loading...