Beranda Nasional Penetapan Indeks”K” Dan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Dipropinsi Sulawesi...

Penetapan Indeks”K” Dan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Dipropinsi Sulawesi Barat

25
BERBAGI

Kegiatan rapat Penetapan Indeks “K” dan Harga Tandan Buah Segar (TBS) berlangsung di area kompleks kantor gubernur sulawesi barat. Jl KH Abd.Malik pettana endeng Rangas Mamuju.

Di hadiri oleh Tim penetapan yaitu dinas pertanian & perkebunan bapak Waris Patae , Bpk.Hakimoto, Bpk.Kamruddin dan juga dihadiri dari Dinas perdagangan serta Dinas perindustrian dan Biro hukum.

Sedangkan di pihak organisasi @ pengusaha hadir ketua GAPKI(Gabungan pengusaha pabrik kelapa sawit indonesia) Bpk.H.Mohtartano. Dan di saksikan oleh KetuaASKAPINDO propinsi Bpk.A.Kasaruddin.
ASKAPINDO kabupaten bpk.H.Sutamiyanto. Turut hadir Dinas Pertanian & Perkebunan Kabupaten.

Sedangkan dari pihak petani hadir beberapa orang dari WKAK(Wadah Koordinasi Antar Kelompok) Dan WKPP (Wadah Kelompok Para Petani) serta perwakilan dari petani.

Rapat berlangsung cukup tegang disaat sudah mulai ditetapkan harga.
Adapun hasil penetapan harganya yaitu
Indeks”K” 80,00% sedangkan harga Rp1.369,81. Turun dari bulan desember 2017. Indeks “K” 81,00% sedangkan harga Rp1456,76.

Perwakilan petani tampak kecewa disamping hasil panen yang menurun, harga pupuk yg melonjak dan di perburuk lagi dengan harga yang begitu anjlok.

Dan ketidakpuasan petani karena ada beberapa perusahaan yang tidak membawa invoice atau bukti penjualannya yang menjadi acuan perhitungan indeks”K.” sesuai perintah PERMENTAN (Peraturan mentri pertanian)

Namun demikian petani tetap menerima hasil dari penetapan tersebut walau berharap akan ada kiranya perbaikan yang berpihak pada petani dalam menetapkan harga agar sesuai dengan PERMENTAN.
(BKnews/kd.com/Aht)