Beranda DAERAH Pilkades Tiga Desa di Luwu Utara Akan Gunakan  Sistem E -Voting

Pilkades Tiga Desa di Luwu Utara Akan Gunakan  Sistem E -Voting

22
BERBAGI

Pilkades Tiga Desa di Luwu Utara Akan Gunakan  Sistem E -Voting

Luwu Utara, Kabardaerah.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Luwu Utara, 3 Oktober 2018 akan dilaksanakan secara serentak dengan menggunakan dua sistem, yakni sistem E-voting dan manual.

” Penerapan sistem E-voting ini akan mengubah maindset masyarakat dari pola pemilu manual (mencoblos) ke system modern (mencolek gambar pada layar monitor), dan suara pemilih bisa langsung masuk ke penghitungan suara tanpa ada kecurangan,” tutur Ketua Panitia Pilkades Salama Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara, Budi Abadi Daling.

Untuk pelaksanaan Pilkades E-Voting ini, Ketua Panitia Pilkades Salams, Budi Abadi Daling melaksanakan sosialisasi Pilkades E-Voting dengan uji coba(pilot project) di tiga Desa di Luwu Utara, diantaranya Desa Toradda Kecamatan Masamba, Desa Banyuwangi Kecamatan Sukamaju, dan Desa Salama Kecamatan Sabbang, dihadapan masyarakat dan anggota panitia, Senin, 23/7/2018.

“Bila sistem pilkades e voting berjalan dengan baik, kedepannya sistem semacam ini bisa diterapkan terus untuk Pilkades berikutnya. Banyak keuntungan yang kita dapat dari sistem eletronik ini, karena bisa mengurangi tingkat kecurangan, lebih transparan, lebih cepat dan lebih hemat,” kata Budi Abadi Daling.

Ada  juga kekhawatiran dalam pelaksanaannya nanti, bagaimana dengan pemilih yang gaptek? Tidak perlu dikhawatirkan karena E-voting ini sistemnya cukup mudah hanya tinggal mencolek saja gambar calon yang dipilih pada dilayar.

Dihubungi melalui WhatsApp nya Kadis PMDK Luwu Utara, Misbach menyebutkan, untuk Kabupaten Luwu Utara ada 3 desa yang uji coba Pilkades e voting pilkades serentak tahun ini.

“Pelaksanaan Pilkades E-Voting ini baru dilaksanakan di Kabupaten Luwu Utara pada 3 Oktober 2018,” ujar Misbach.(yul)

loading...