Beranda DAERAH Kota Parepare Sekolah Bebas Pungutan, TP: Pak Pangerang Turun Ki’ Pantau

Sekolah Bebas Pungutan, TP: Pak Pangerang Turun Ki’ Pantau

6
BERBAGI

 

SulSel Kabardaerah.com – PAREPARE — Pungutan tak berdasar alias Pungli di sekolah mengganggu pikiran Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe (TP) yang kini tengah cuti kampanye.
Menurut Taufan, tidak boleh ada pungutan di sekolah dalam bentuk apapun, karena pemerintah menerapkan pendidikan gratis di sekolah.
Sudah ada bantuan operasional sekolah (BOS), bantuan khusus murid (BKM), dan beasiswa miskin (BSM) yang mendukung program pendidikan gratis itu.
“Jadi sebenarnya semua sudah digratiskan, mulai seragam sekolah, buku pelajaran hingga bus sekolah. Kalaupun ada pungutan, itu ulah oknum,” tegas Taufan dalam beberapa kali kampanyenya.
Namun lanjut Taufan, bagi orangtua siswa yang tergolong mampu secara ekonomi bisa berkontribusi ke sekolah, tapi tanpa paksaan atau sukarela, bukan diwajibkan.
“Tapi apapun itu kalau memang dilaporkan masih ada pungutan di sekolah, kalau saya dan Pak Pangerang terpilih nanti, saat saya masuk kembali, Pak Pangerang ayo kita turun pantau ke sekolah-sekolah,” tegas calon wali kota Parepare bernomor urut satu ini.
Juru Bicara Tim Pemenangan Taufan-Pangerang, Drs Mustafa Mappangara mengatakan, program pendidikan gratis itu sudah lama berjalan, bahkan terus ditingkatkan di era pemerintaha Taufan Pawe.
Mustafa yang mantan Kadis Pendidikan Parepare menekankan, seragam sekolah gratis sudah ada, buku pelajaran gratis sudah ada, bahkan bus sekolah gratis sudah ada.
“Hanya bantuan ke sekolah-sekolah masih perlu terus ditingkatkan, khususnya sekolah-sekolah di pelosok. Di Bacukiki, banyak sekolah pinggiran yang sarat prestasi, seperti SMPN 7 dan SMPN 8,” kata Puang Ucu, sapaan akrab mantan Sekda Parepare ini.(jml/KD)