Beranda DAERAH Kota Parepare Sistem Yang Diberlakukan Oleh BPJS Dianggap Menyusahkan Pasien Dari Luar Daerah

Sistem Yang Diberlakukan Oleh BPJS Dianggap Menyusahkan Pasien Dari Luar Daerah

62
BERBAGI

 

PAREPARE – Kabardaerah.com – Keluhan demi keluhan silih berganti berdatangan dari pasien dan keluarga pasien sejak diberlakukannya pengambilan Surat Rujukan dari Puskesmas ditempat pasien berdomisili.

Keluhan ini rata-rata banyak yang berasal dari pasien Luar Daerah atau Luar Kota Parepare.Hasni, salah satu pasien yang datang hendak berobat di Rsud A Makkasau Parepare mengungkapkan, “Saya menderita penyakit paru-paru, namun saya ditolak dan diharuskan masuk umum, itu karena tidak ada surat rujukanku dari puskesmas tempat asalku di Polmas, kata perawat disini, ini sudah sistem dari BPJS, seluruh pasien diharuskan membawa surat rujukan dari puskesmas, terpaksa kami pulang dan tidak jadi berobat,” sesalnya.

Hal senada juga di ungkapkan salah satu pasien Rumah Sakit Fatima Kota Parepare, Taju, Ia mengungkapkan, “Saya baru tau kalau sudah diberlakukan sistim pengambilan Surat Rujukan dari puskesmas, “sedankan ada surat keterangan belum dapat di kembalikan ke pasilitas perujuk yang ber Nomor: 1814R004 0818×749 dengan alasan:1.Masih perlu penanganan kontrol pada kunjungan selanjutnya. Padahal biasanya tidak seribet ini, jujur sistim dari BPJS ini betul-betul menyulitkan kami selaku pasien yang berasal dari luar daerah,” kesalnya.

Ia menambahkan, “Saya juga sudah meminta kebijakan dari pihak RS.Fatima agar saya dapat berobat hari ini, selanjutnya minggu depan saya akan mengambil surat rujukan kalau memang begitu sistemnya, namun pihak RS.Fatima menolak dan bersikeras agar kami mengurus dan mengambil surat rujukan dulu, hal ini terlalu menyusahkan kami selaku pasien khususnya kami rakyat kecil yang hanya mengandalkan kartu BPJS dan bagi kami yang berasal dari luar daerah,” ungkap Taju, salah satu pasien yang berasal dari Kabupaten Barru.

Ia menyarankan, “Kalau memang sudah ada sistem dari BPJS untuk memberlakukan seluruh pasien membawa surat rujukan apabila ingin berobat kerumah sakit, seharusnya pihak BPJS mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang belum tau kalau sistem ini sudah diberlakukan, jangan nanti pasien sudah berada di Rumah Sakit baru diminta Surat Rujukannya, kasihan kami yang sudah sakit di tambah pusing lagi dengan ketidak tahuan dengan adanya aturan ini, apalagi kalau penyakitnya parah dan pihak Rumah Sakit tidak memberi kebijakan,” Tandas Taju, pasien penderita. (Andi)

loading...