Beranda DAERAH Wakil Bupati Luwu Utara Hadiri Harkopnas ke-71 di  Tana Toraja

Wakil Bupati Luwu Utara Hadiri Harkopnas ke-71 di  Tana Toraja

6
BERBAGI

Wakil Bupati Luwu Utara Hadiri Harkopnas ke-71 di  Tana Toraja

Tana Toraja,Kabardaerah.com- Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Makale, Tana Toraja, Sabtu (4/8), di Gedung Tammuan Mali’, Makale. Turut mendampingi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muhtar.

Wabup Thahar mengatakan bahwa dalam pengembangan penyelenggaraan koperasi di Indonesia, pemerintah pusat tengah gencar melakukan upaya reformasi total koperasi. Reformasi total koperasi, kata Thahar, maksudnya adalah bagaimana membangun koperasi secara baik dan benar dalam rangka pembangunan di sektor ekonomi yang berbasis ekonomi kerakyatan.

“Tadi sudah disebutkan kalau seluruh daerah kabupaten/kota dan provinsi diharapkan untuk melakukan yang namanya reformasi total koperasi, yaitu bagaimana melakukan reorientasi koperasi dan rehabilitasi koperasi,” ujar Muhammad Thahar Rum usai acara yang juga dihadiri Asisten Administrasi Pemprov Sulsel, Ruslan Abu, sekaligus mewakili Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan.

Reorientasi Koperasi, kata Thahar, adalah bagaimana menghidupkan dan membangun kembali koperasi yang bisa merasuk ke semua sistem perekonomian. “Ini yang harus terbangun di koperasi ke depan. Nilai-nilai keswadayaan dan nilai-nilai kerjasama harus terbangun di situ. Semuanya harus ada di koperasi. Reorientasi semacam ini harus dibangun ke depan secara bersama,” ujarnya menambahkan.

Bagaimana dengan Rehabilitasi Koperasi? Thahar menyebutkan, untuk melakukan rehabilitasi koperasi, maka dibutuhkan data yang akurat yang bisa menunjukkan seberapa besar kemampuan dari koperasi itu sendiri. “Harus terbangun database yang nantinya terintegrasi mulai dari daerah sampai ke pusat. Ini memudahkan kita dalam melihat mana koperasi yang mati segan hidup pun tak mau,” terangnya. (YUL/LH/HMS)

loading...